Industri Logam, Mesin & Elektronik Dibidik Tumbuh 4,7% di 2020

Image title
4 Maret 2020, 13:46
Industri Logam, Mesin & Elektronik Dibidik Tumbuh 4,7% di 2020.
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Petugas beraktivitas di pabrik pembuatan baja Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/10/2019). Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri logam, mesin, alat angkut dan elektronik naik 4,6% tahun ini.

Kementerian Perindustrian  menargetkan industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) tumbuh 4,7% pada tahun ini.  Sejalan dengan pertumbuhan industri, nilai ekspor industri sektor ini diperkirakan dapat meningkat dengan nilai sekitar US$ 38,7 miliar atau setara Rp 551 triliun.

Direktur Jenderal Ilmate Kementerian Perindustrian, Harjanto mengungkapkan pihaknya memiliki sejumlah tantangan dalam mencapai target tersebut. Salah satunya melalui peningkatan investasi.

(Baca: Tangkal Dampak Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus Ekspor Impor)

Padaahal, dari pertumbuhan industri dan investasi sektor tersebut diharapkan mampu meningkatkan serapan tenaga kerja.

“Kami menargetkan tahun ini jumlah tenaga kerja di sektor industri ini lebih dari 2,2 juta orang seiring dengan peningkatan investasi,” kata dia dalam keterangan resmi Selasa (3/3).

Untuk mencapai target pertumbuhan industri,  pemerintahtelah menerapkan sejumkah strategi seperti lewat promosi investasi, meningkatkan sertifikasi kompetensi, vokasi indutri, peninjauan kebijakan, serta mendorong aktivitas penelitian dan pengembangan (litbang) serta desain.

Tak hanya itu, Kemenperin juga memeprkuat implementasi Making Indonesia 4.0 di sektor Ilmate melalui akselarasi penerapan industri 4.0 dan hilirisasi produk unggulan ekspor (high technology product). " langkah ini untuk peningkatan daya saing dan kemandirian sektor Ilmate,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...