Arab Saudi Setop Umrah, Menko PMK: Kita Ikuti Saja

Dimas Jarot Bayu
5 Maret 2020, 20:02
umrah ditunda, umrah ditutup, haji ditunda, virus corona, Arab Saudi
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Calon jemaah umrah meninggalkan bandara untuk kembali ke rumah masing-masing usai mengetahui adanya pembatalan penerbangan dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020).

Pemerintah menerima kebijakan Arab Saudi yang menyetop umrah di tengah penyebaran virus corona. Namun, pemerintah akan mengupayakan agar jemaah tidak dirugikan atas kebijakan tersebut.

Ya kita ikuti saja. Kalau tuan rumahnya enggak terima, masa kita mau memaksakan?” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/3).

Advertisement

Terkait haji, Muhadjir melihat adanya kemungkinan hal tersebut juga tertunda. Apalagi, belum jelas hingga kapan Arab Saudi akan menangguhkan ibadah umrah.

(Baca: Kementerian Agama Bantah Pelarangan Haji dan Umrah Berlaku Setahun)

Ia menjelaskan, haji hanya bisa dilakukan jika jalannya terbuka dan tanpa hambatan. “Jadi kalau jalan itu ada hambatan, tidak terbuka, atau terhalang, maka itu menggugurkan kewajiban haji,” ujarnya.

Seiring penangguhan umrah saat ini, menurut Muhadjir, Menteri Agama Fachrul Razi akan mengkaji langkah-langkah agar jamaah tidak dirugikan.

“Komitmen pemerintah itu intinya akan diusahakan jangan sampai merugikan jamaah yang mau dan akan berangkat,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement