Tangkal Corona, Perbankan Segera Implementasi Stimulus dari OJK dan BI

Agatha Olivia Victoria
5 Maret 2020, 14:24
bank indonesia, ojk, perbankan, stimulus, virus corona, BRI, Bank Mandiri
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi. Perbankan siap mengimplementasikan berbagai pelonggaran kebijakan dari OJK dan BI untuk menangkal dampak virus corona terhadap perekonomian.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Pemerintah pada hari ini, Kamis (5/3) memanggil seluruh perwakilan perbankan untuk meminta agar bank segera menerapkan berbagai pelonggaran kebijakan untuk menghadapi ancaman virus corona terhadap perekonomian.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Sunarso menyatakan kesiapan industri perbankan terhadap permintaan tersebut. "Perbankan berkolaborasi untuk merespon kebijakan agar transmisi lebih cepat dan efektif untuk jaga perekonomian," kata Sunarso dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (5/3).

Advertisement

Lebih lanjut dia menilai bahwa situasi seperti saat ini sudah sering terjadi. Sehingga dia optimistis kolaborasi yang tepat bisa mendorong kembali perekonomian RI.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Royke Tumilaar mengatakan bahwa saat ini perbankan sedang berusaha mengimplementasikan berbagai pelonggaran kebijakan yang telah diberikan. "Bank sudah berusaha mempercepat penyaluran kredit baik secara clustering maupun digital," ujarnya.

(Baca: 5 Jurus BI Tenangkan Pasar di Tengah Kasus Positif Virus Corona)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement