Akibat Virus Corona, Dalam 2 Bulan AP I Kehilangan Pendapatan Rp 207 M

Image title
6 Maret 2020, 20:17
virus corona, angkasa pura I, AP i, penerbangan dihentikan
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Salah satu bandara kelolaan Angkasa Pura I, Bandar Udara Internasional Bali, I Gusti Ngurah Rai.

PT Angkasa Pura I (Persero) mengungkapkan bahwa kinerjanya keuangannya terdampak oleh penyebaran virus corona di dunia. Pada periode Januari-Februari 2020 saja, potensi pendapatan yang hilang dari penghentian penerbangan mencapai Rp 207 miliar.

"Itu lost opportunity secara langsung karena penerbangan dihentikan. Kami belum menghitung dampak dari non-aeronya," kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, ketika ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3).

Dalam rentang dua bulan tersebut, tercatat ada sekitar 12.703 penerbangan yang dibatalkan, baik dari dan menuju 15 bandara kelolaan AP I. Pembatalan paling banyak terjadi pada rute-rute penerbangan domestik yaitu sebanyak 11.680 penerbangan. Sementara untuk rute internasional, ada 1.023 penerbangan yang dibatalkan.

(Baca: Dampak Corona, Pendapatan Maskapai di Asia Berpotensi Hilang Rp 381 T)

Dari total belasan ribu penerbangan yang dibatalkan dalam kurun waktu tersebut, ada sekitar 1,67 juta penumpang yang batal terbang. Penumpang domestik menjadi yang terbanyak yaitu 1,5 juta orang, sedangkan penumpang internasional 172 ribu orang batal terbang.

Faik menjelaskan, pembatalan paling banyak terjadi pada rute Bali dari 22 kota di Tiongkok, termasuk Wuhan yang menjadi sumber penyebaran virus corona. Hingga saat ini, ada 35 penerbangan per hari dibatalkan, di mana ada 6.800 penumpang per hari dari Tiongkok yang terdampak.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...