Satu WNI di Singapura Positif Terinfeksi Virus Corona

Sorta Tobing
8 Maret 2020, 10:37
virus corona, wni terinfeksi virus corona di singapura, virus korona
ANTARA FOTO/Anindira Kintara
Ilustrasi. Seorang warga negara Indonesia yang berada di Singapura dinyatakan positif virus corona.

Seorang warga negara Indonesia yang berada di Singapura dinyatakan positif virus corona. WNI berjenis kelamin perempuan itu sedang berkunjung ke Negeri Singa dengan menggunakan social visit pass.

“Pada 7 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan kasus positif Covid-19 ke-133, yaitu WNI berusia 62 tahun,” kata Kepala Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar RI Singapura Ratna Lestari Harjana dalam keterangan pers, Minggu (8/3).

Pasien tidak memiliki riwayat mengunjungi negara atau kawasan terdampak sebelumnya. Pada 29 Februari 2020, ia melaporkan mengalami gejala mirip Covid-19. Ia memeriksakan diri ke klinik dokter umum hari berikutnya dan Pioneer Polyclinic pada 4 dan 6 Maret lalu.

Lalu, pada 6 Maret 2020, WNI tersebut dirujuk ke National University Hospital dan dinyatakan positif terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Sebelum masuk ke rumah sakit, ia sempat menghabiskan waktu di kediamannya, Jurong West Street 61.

(Baca: Dampak Corona Meluas, Moody’s Revisi Turun Ekonomi Indonesia Jadi 4,8%)

WNI ini kemungkinan terinfeksi ketika menghadiri kegiatan makan malam di SAFRA Jurong pada 15 Februari 2020. Pemerinta Singapura sudah mengonfirmasi 21 kasus positif Covid-19 yang terhubung dengan clustru SAFRA Jurong.

"KBRI akan terus melakukan pemantauan secara dekat dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut," kata Ratna.

KBRI mengimbau untuk seluruh WNI yang berada di Singapura untuk tetap tenang, menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi. "Segera ke dokter bila mengalami simtomatik, mengikuti anjuran dan ketentuan dari Pemerintah Singapura terkait COVID-19 sambil terus memantau perkembangan mengenai COVID-19 melalui jalur resmi Ministry of Health (MOH) https://www.moh.gov.sg/covid-19," ucapnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...