IHSG Anjlok Imbas Virus Corona, Sandiaga Uno: Kesempatan Beli Saham

Image title
7 Maret 2020, 16:45
IHSG Anjlok Imbas Virus Corona, Sandiaga Uno: Kesempatan Beli Saham
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ilustrasi, pengunjung beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 12,72% sejak awal tahun ini, salah satunya disebabkan oleh wabah virus corona. Pada perdagangan kemarin (6/3), indeks menyentuh level 5.498. Sebagai investor, Sandiaga Uno menilai saat ini waktu yang tepat untuk mengakumulasi beli.

"Berarti ini kesempatan selektif buying saham buat investor jangka panjang," kata Sandi usai menghadiri acara diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3).

Advertisement

Sandi yang masih memiliki 21,51% saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) menilai, pasar mengkhawatirkan kondisi di dalam negeri saat ini. Hal ini membuat indeks terkoreksi jangka pendek.

Menurutnya IHSG akan membentuk kurva J, di mana indeks bakal menemukan level terendah lalu kembali naik dalam waktu dekat. Karena itu, ia menyarankan investor menyikapi penurunan indeks dengan sangat rasional dan berdasarkan fundamental.

(Baca: IHSG Turun dan Dana Asing Lari Rp 1,3 Triliun, Saham Bank Jadi Korban)

Ia optimistis perekonomian Indonesia tidak banyak berubah karena virus corona. "Hanya ada distribusi suplai dan penurunan permintaan masyarakat. Saya baru menyimulasikan di tim ekonomi kami, penurunan paling dalam itu hanya 0,5-0,9% dari segi pertumbuhan ekonomi," katanya.

Investor disarankan berinvestasi dengan beberapa pertimbangan. Memilih berdasarkan komoditas unggulan maupun emiten yang tata kelola perusahaannya baik alias good corporate governance (GCG).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement