Jumlah Suspect Virus Corona di RI Bertambah Jadi 23 Orang

Sorta Tobing
8 Maret 2020, 16:30
virus corona, virus korona, jumlah suspect virus corona di indonesia, rspi sulianti saroso, achmad yurianto
Antara/Hafidz Mubarak
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan jumlah orang suspect virus corona Covid-19 sampai dengan Minggu siang (8/3) bertambah menjadi 23 orang.

Jumlah orang yang diduga terinfeksi atau suspect virus corona Covid-19 sampai dengan Minggu siang (8/3) bertambah 12 orang dibanding sehari sebelumnya menjadi 23 orang. Saat ini petugas kesehatan terus melakukan pemeriksaan terhadap ke-23 orang itu.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan pemeriksaan ini berlangsung berkali-kali. “Umumnya dilaksanakan seminggu, tujuh kali pemeriksaan,” ucapnya dalam keterangan pers di Kantor Istana Presiden, Jakarta.

Banyak laporan rumah sakit di luar negeri melakukan pemeriksaan bahkan sampai delapan kali sampai menjadi positif terinfeksi virus itu. Jadi, pasien yang baru sekali dilakukan tes dan hasilnya negatif, tidak akan langsung dipulangkan. “Karena itu, 23 suspect ini masih kami tahan di rumah sakit untuk observasi lebih lanjut,” kata Yurianto.

(Baca: 1 WNI di Singapura Positif Terinfeksi Virus Corona)

Keberhasilan pengendalian penyakit ini, menurut dia, adalah bagaimana memutus rantai penularan dengan mengisolasi kasus poisitf. Langkah pemerintah sekarang tidak semata melakukan protokol pengobatan penderitanya.

Sejauh ini lebih dari 54 ribu orang telah sembuh dari Covid-19 di seluruh dunia karena imunitas para pasien yang meningkat. Peningkatan ini menjadi acuan pemerintah dalam menangani orang yang terinfeksi virus corona.

Empat Pasien Virus Corona Mulai Membaik

Yurianto mengatakan, empat pasien positif virus corona Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso dalam kondisi membaik. Keempatnya saat ini tidak menggunakan alat bantu apapun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...