Harga Minyak Dunia Anjlok, AKR: Tak Berdampak pada Profitabilitas

Image title
9 Maret 2020, 11:26
akr corporindo, akr, harga minyak, profit
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai. AKR Corporindo tidak khawatir dengan anjloknya harga minyak mentah dunia akan mempengaruhi profitabilitasnya.

VP Corporate Communication AKR Corporindo Suresh Vembu menjelaskan, penurunan harga minyak mentah dunia pada pagi ini membuat perusahaan perlu melakukan antisipasi terhadap keuangan perusahaan. Adapun salah satunya yakni dengan melakukan lindung (hedging) nilai tukar dolar.

Menurut dia model distribusi AKR merupakan "pass through", di mana harga bahan bakar minyak (BBM) perusahaan disalurkan ke konsumen dengan menggunakan formula. Oleh karena itu dia berharap penurunanan harga minyak mentah ini tak akan berdampak pada profitabilitas perusahaan.

Advertisement

"Kami melakukan lindung nilai terhadap nilai tukar dollar, oleh karena itu pergerakan harga diperkirakan tidak akan berdampak kepada profitabilitas perusahaan," ujar Suresh berdasarkan keterangan tertulis Senin (9/3).

Selain itu, Suresh juga menjelaskan perusahaan akan menjaga margin perdagangan dan distribusi agar tidak terdampak pada kondisi keuangan perusahaan. "Misalnya, ketika harga minyak jatuh pada tahun 2016, AKR terus mempertahankan dan meningkatkan margin perdagangan dan distribusi," ujar Suresh.

(Baca: Arab Saudi Picu 'Perang' Produksi, Harga Minyak Terjun Bebas Lebih 20%)

Adapun saat ini perusahaan terus memonitor Net Open Position, serta melakukan kontrol yang baik pada hal yang sama. "Jadi kami tidak melihat adanya masalah yang timbul dari pergerakan harga minyak yang tiba-tiba ini," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement