Kadin Sebut Virus Corona Tak Pengaruhi Perjanjian Dagang Internasional

Image title
9 Maret 2020, 20:28
kadin, perundingan perdagangan internasional, perdagangan internasional
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Kadin optimistis setelah kondisi dunia kembali pulih dan kondusif dari virus corona, transaksi perdagangan internasional diperkirakan akan kembali bergairah.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia optimistis virus corona tak berdampak pada penyelesaian sejumlah perundingan perjanjian dagang internasional. Pasalnya, perjanjian tersebut dibuat dengan alasan strategis dan berlaku jangka panjang.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani mengatakan wabah covid-19 tak akan mempengaruhi penyelesaian perundingan perdagangan internasional. Dampak terburuk yang dapat diciptakan wabah ini, menurut dia, hanya mengubah proses negosiasi menjadi secara virtual dan penundaan penandatangan kesepakatan.

"Sampai kondisi cukup kondusif bagi para kepala negara yang menandatangani bisa bertemu," kata Shinta kepada Katadata.co.id, Senin (9/3).

Perundingan perdagangan internasional membutuhkan waktu yang cukup lama agar berdampak pada ekonomi. Setelah kondisi dunia kembali pulih dan kondusif dari virus corona, transaksi perdagangan internasional diperkirakan akan kembali bergairah.

(Baca: Sri Mulyani Proyeksi Defisit APBN Tahun Ini Bengkak Efek Virus Corona)

Selama kepentingan ekonomi atau politik Indonesia dan negara-negara partner dagang tetap kuat, maka perjanjian tersebut menguntungkan para pihak yang terlibat dalam jangka menengah atau panjang. "Dampak ekonominya akan tetap terlihat meskipun sekarang kita kena wabah. Perundingan perdagangan dilakukan untuk memberikan kita keuntungan di masa mendatang, bukan di saat ini," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...