Berpotensi Terinfeksi Virus Corona, Presiden AS Trump Belum Diperiksa

Desy Setyowati
10 Maret 2020, 10:57
Berpotensi Terinfeksi Virus Corona, Presiden AS Trump Belum Diperiksa
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barri
Ilustrasi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan konferensi pers mengenai wabah virus korona di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Rabu (26/2/2020).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sempat melakukan kontak dekat dengan dua anggota Kongres dari Partai Republik yang kini mengisolasi diri terkait virus corona. Isolasi itu berdasarkan rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sekretaris Gedung Putih bagian menangani pers Stephanie Grisham menyampaikan, Trump belum dites terkait virus corona. "Karena dia tidak memiliki kontak dekat dengan pasien yang telah dikonfirmasi sejak lama,” katanya dikutip dari CNN Internasional, Selasa (10/3).

Advertisement

Selain itu, Presiden Trump tidak memiliki gejala terinfeksi virus corona hingga saat ini. “Presiden Trump dalam kesehatan yang sangat baik, dan dokternya akan terus memantau kesehatannya dengan cermat ,” ujar Grisham.

(Baca: Kasus Merebak, AS Bakal Gelontorkan Rp 118 T Tangani Virus Corona)

Belum diperiksanya Trump terkait virus corona mengacu pada pedoman CDC. Grisham menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan atas dasar gejala dan riwayat perjalanan seseorang tersebut.

Akan tetapi, dua anggota Kongres yang sempat kontak dekat dengan Trump kini mengisolasi diri. Keduanya yakni Doug Collins dan Matt Gaetz.

Keduanya sempat dekat dengan seseorang positif virus corona. Mereka bertemu dengan pasien covid-19 saat menghadiri konferensi aksi politik konservatif atau CPAC pada bulan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement