Jokowi dan Raja Belanda Sepakati Bisnis Senilai Rp 14 Triliun

Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 14:38
Sudah DiverifikasiPresiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut Raja beserta Ratu Belanda, Y.M. Raja Willem- Alexander beserta Y.M. Ratu Maxima dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo menyambut Raja Belanda Willem- Alexander dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Pertemuan keduanya menyepakati kerja sama senilai US$ 1 miliar.

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3) menghasilkan sejumlah kesepakatan bisnis.

Total nilai kerja sama tersebut mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14,3 triliun. Sebelumnya Raja Willem mengatakan dirinya membawa 110 pengusaha Belanda untuk memperkuat bisnis dengan Indonesia. 

Advertisement

“Sejumlah kerja sama antarbisnis juga dilakukan dengan nilai yang cukup besar,” kata Jokowi saat memberikan keterangan bersama usai pertemuan.  Salah satu yang akan berinvestasi adalah Frieslandcampina yang akan mengembangkan pabrik susu Frisian Flag.

(Baca: Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi)

Tak hanya kerja sama antarbisnis, Indonesia dan Belanda juga menandatangani kesepakatan antarpemerintah di bidang produksi kelapa sawit berkelanjutan. Keduanya juga sepakat bekerja sama dalam isu perempuan, perdamaian, dan keamanan. “Juga kerja sama tentang pengelolaan dan pengendalian penyakit menular,” kata Jokowi.

Jokowi berharap berbagai kerja sama Indonesia dan Belanda itu dapat saling menguntungkan dan menghormati. Apalagi dunia saat ini berada di tengah ketidakpastian.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement