Wall Street Dibuka Melesat 2% Terangkat Harapan Stimulus Global

Agustiyanti
10 Maret 2020, 21:36
wall street, s&p 500, nasdaq, dow jones, stimulus global, perlambatan ekonomi, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucas Jack
Ilustrasi. Pada pembukaan hari ini waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 2,52%, S&P 500 Indeks lebih tinggi 2,44%, dan Nasdaq Composite melesat 3,38%.

Bursa saham Wall Street dibuka naik lebih dari 2% pada Selasa (10/3) seiring harapan stimulus kebijakan yang terkoordinasi antara berbagai negara untuk mencegah resesi global. Pasar saham AS kemarin mencatatkan penurunan terbesar sejak krisis keuangan akibat kekhawatiran virus corona dan anjloknya harga minyak. 

Pada pembukaan hari ini waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 2,52%, S&P 500 Indeks lebih tinggi 2,44%, dan Nasdaq Composite melesat 3,38%.

Advertisement

Tiga indeks utama AS itu kemarin anjlok lebih dari 7% akibat kekhawatiran virus corona dan harga minyak yang anjlok. Aksi jual sangat tajam memicu penghentian perdagangan di awal pembukaan pasar selama 15 menit.

(Baca: Black Monday dan Sejarah Kejatuhan Bursa Dunia)

Sentimen pulih pada Selasa seiring tanda-tanda pelonggaran moneter lebih lanjut untuk menopang perekonomian. Pedagang sekarang mengharapkan The Federal Reserve memotong suku bunga untuk kedua kalinya bulan ini, sementara Jepang meluncurkan paket stimulus senilai US$ 4 miliar untuk memerangi wabah coronavirus.

"Investor berusaha mencari tanda-tanda bahwa ada cahaya di ujung terowongan," kata Adam Sarhan, kepala eksekutif officer 50 Park Investments di New York.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement