Asing Tak Percaya Pasar RI, Erick Thohir Minta BUMN Buyback Saham

Image title
11 Maret 2020, 14:25
erick thohir, buyback saham, biodiesel, buyback saham bumn
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut perusahaan-perusahaan pelat merah akan melakukan aksi buyback saham.

Sebanyak 12 Badan Usaha Milik Negara berencana membeli saham yang beredar atau buy back guna membantu menahan laju penurunan pasar saham yang ditinggal oleh para investor asing. Sejak awal tahun, asing mencatatkan jual bersih senilai Rp 7,04 triliun di seluruh pasar.

"Ketika asing tidak percaya sama kita, ya kita jalan sendiri. Kita punya market yang besar," kata Menteri BUMN Erick Thohir ketika ditemui di Jakarta, Rabu (11/3).

Dia menyamakan langkah buy back saham BUMN dengan kebijakan yang diambil pemerintah terkait industri kelapa sawit yang diboikot oleh Uni Eropa. Indonesia memilih mengambil langkah meningkatkan bahan bakar biodiesel hingga 30% alias B30.

"Dan terbukti dengan B30, industri kelapa sawit menjadi baik. Kita bisa lakukan terbaik buat kita," kata Erick.

(Baca: BI Catat Aliran Modal Asing Keluar RI Rp 40,16 T Akibat Virus Corona)

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ada 12 perusahaan pelat merah dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar menyiapkan total dana Rp 8 triliun untuk buy back saham. Per hari ini, 12 BUMN tersebut sudah mendapatkan persetujuan untuk melakukan aksi tersebut.

Nmun, pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan langkah tersebut dilakukan dengan tetap melihat situasi karena volatilitas di pasar saham diperkirakan berlangsung lama.Meski sudah menyiapkan dana, penggunaanya tetap tergantung dengan perubahan fundamental perusahaan. "Kami akan taktis, tidak gelontorkan sekaligus," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...