Cegah PHK Dampak Corona, Pemerintah Kebut Peluncuran Kartu Pra Kerja

Rizky Alika
12 Maret 2020, 21:25
kartu pra kerja, virus corona, phk
ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Buruh pabrik garmen di Citeureup, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/2). Pemerintah akan segera mempercepat keluarnya kartu pra kerja di empat wilayah yakni Batam, Manado, Bali, Surabaya hingga April 2020.

Pemerintah akan segera mempercepat keluarnya kartu pra kerja di empat wilayah yakni Batam, Manado, Bali, Surabaya. Ini guna mencegah munculnya pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak virus corona Covid-19.

Sebelumnya kartu ini akan berlaku secara nasional pada bulan Agustus 2020. Namun pemerintah akan mempercepat peluncuran lantaran empat wilayah tersebut rentan ekonominya terhadap dampak corona. Usai wilayah tersebut, kartu pra kerja akan diluncurkan di Jakarta dan Bandung.

"Ada lokasi yang terdampak corona, maka itu yang diprioritaskan," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin di kantornya, Kamis (12/3).

(Baca: Pemerintah Awasi 12 Pasien dengan Gejala Virus Corona)

Kartu pra kerja dapat diikuti oleh calon pekerja yang tengah mencari kerja, karyawan, atau korban PHK. Nantinya, peserta program dapat mengikuti pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...