IHSG Anjlok 5,01%, Perdagangan di Bursa Disetop sebelum Penutupan

Image title
12 Maret 2020, 15:56
IHSG, bursa efek indonesia, ihsg anjlok
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
IHSG anjlok 5,01% ke posisi 4.895. Bursa Efek Indonesia menghentikan sementara perdagangan saham selama 30 menit.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG pada perdagangan, Kamis (12/3), turun 5,01% di level 4.895 tepat pada pukul 15.33 WIB. Perdagangan saham dihentikan selama 30 menit sehingga berakhir sebelum waktu penutupan resmi pukul 16.00 WIB. 

Ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia pada pekan ini. Sesuai ketentuan, perdagangan saham akan dihentikan sementara selama 30 menit atau trading halt jika IHSG turun lebih dari 5%. 

Dengan demikian, indeks saat ini menjadi level penutupan dan perdagangan baru akan dibuka kembali besok.

"Halt selama 30 menit. Karena (halt) di pukul 15.33 WIB, sehingga hari ini jadi harga penutupan. Sekarang sudah selesai," kata Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi di Padang, Sumatera Barat hari ini.

(Baca: Investor Asing Ramai Jual Saham, IHSG Sesi I Ditutup Turun 2,49%)

Sebelum mengeluarkan ketentuan baru, BEI hanya mengatur trading halt  jika IHSG turun 10% dan 15% saja, seperti dalam Surat Keputusan Direksi BEI Kep-00366/BEI/05-2012. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa jika IHSG turun lebih 10% dalam sehari, maka trading halt akan diberlakukan selama 30 menit.

Jika setelah dihentikan sementara namun IHSG masih terus turun hingga lebih dari 15%, maka diberlakukan trading suspend atau penghentian perdagangan sampai akhir sesi atau lebih dari satu sesi setelah mendapatkan persetujuan OJK.

Dengan adanya tambahan peraturan terkait trading halt tersebut, maka kini terdapat tiga kondisi yang menyebabkan Bursa menghentikan sementara perdagangan di pasar modal dalam negeri.

Pada  hari ini, total volume yang diperdagangkan mencapai 5,021 miliar unit saham dengan nilai transaksi 5,21 triliun, dan  frekuensi sebanyak 415 ribu kali. Tercatat hanya 39 saham yang berhasil naik, sedangkan 398 saham berakhir turun.

(Baca: Berkat Perhitungan Market Opening, Saham WIKA Lolos Auto Reject)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...