Perkuat Permodalan, BTN Hanya Bagikan Dividen 10% dari Laba 2019

Image title
12 Maret 2020, 21:07
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) bersama Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Pahala N Mansury (kanan) dan Komisaris Utama Chandra Hamzah (kiri) berpose usai melepaskan anak panah pada pembukaan Rapat Kerja BTN tahun 2020 d
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) bersama Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Pahala N Mansury (kanan) dan Komisaris Utama Chandra Hamzah (kiri) berpose usai melepaskan anak panah pada pembukaan Rapat Kerja BTN tahun 2020 di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Guna menghindari kinerja yang kurang memuaskan, seperti tahun lalu, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) segera berbenah. Salah satu caranya, BTN hanya membagikan 10% dari laba bersih 2019, sementara sisanya sebesar 90% digunakan untuk memperkuat permodalan.

Sepanjang 2019, BTN menorehkan laba bersih Rp 209,26 miliar, anjlok 92,5% dibanding 2018. Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury menjelaskan, dari laba bersih 2019, kurang lebih Rp 20,9 miliar akan dibayarkan sebagai dividen, dengan bagian untuk pemegang saham mayoritas, yakni pemerintah sebesar Rp 12,55 miliar.

Advertisement

"Sisanya, Rp 180,8 miliar akan menjadi laba ditahan. Saya sangat berterimakasih kepada pemegang saham, khususnya pemegang saham mayoritas," ungkap Pahala dalam konferensi pers usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BTN di Jakarta, Kamis (12/3).

Pahala menjelaskan, laba ditahan sebesar 90% dari dividen akan digunakan untuk memperkuat permodalan perusahaan. Meski demikian, ia menegaskan laba ditahan ini tidak ada kaitannya pada likuiditas, melainkan murni untuk menguatkan modal BTN demi mencapai target-target kinerja yang ditetapkan.

(Baca: BTN Optimistis Laba Bersih Mampu Kembali Ke Kisaran Rp 2,5 Triliun)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement