96 Orang Positif Corona, Potensi Sebaran Meluas ke Berbagai Daerah

Martha Ruth Thertina
14 Maret 2020, 17:14
virus corona, penyebaran virus corona, jumlah pasien corona
Antara/Hafidz Mubarak
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto

Jumlah temuan kasus infeksi virus corona alias Covid-19 terus bertambah. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan telah terdapat 96 kasus sejauh ini, atau bertambah 27 kasus dari sehari sebelumnya.

“Temuan ini diperoleh dari tracking yang dilakukan secara masif,” kata dia dalam Konferensi Pers tentang Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Jakarta, Sabtu (14/3).

(Baca: Cegah Corona, Anies Tutup Sekolah di Jakarta 2 Minggu dan Tunda UN)

Ia menjelaskan, dari hasil pemetaan terhadap kasus-kasus ini, potensi sebaran meluas ke seluruh wilayah di Indonesia. Maka itu, pemerintah pun melakukan perubahan strategi dengan membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang dikepalai Kepala BNPB. 

“Tidak mungkin lagi kami melakukan tracking dengan pendekatan biasa yang seperti kami lakukan. Oleh Karena itu, gugus tugas perlu dibentuk agar terjadi sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan tidak terjadi overlapping yang menyebabkan ketidakefektifan dan ketidakefisienan,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...