Umumkan Amerika Darurat Corona, Trump Buka Peluang Dites Segera

Martha Ruth Thertina
14 Maret 2020, 15:08
Trump, corona, Donald Trump, virus corona, Amerika Darurat Corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/wsj/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan pandemi virus korona (COVID-19) sebagai darurat nasional saat Wakil Presiden Mike Pence mneyimak dalam konferensi pers di Rose Garden Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Jumat (13/3/2020).

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengumumkan status darurat nasional terkait penyebaran virus corona. Status tersebut membuka akses terhadap dana hingga US$ 50 miliar atau setara Rp 732 triliun untuk memerangi virus corona.

Pengumuman darurat corona ini dilakukan setelah beberapa negara bagian di AS menerapkan larangan pertemuan besar, pertandingan olah raga, hingga penutupan sekolah. Ini seiring peningkatan temuan kasus corona di negara tersebut.

(Baca: Waspadai Corona, Ratu Elizabeth Mulai Batalkan Rencana Perjalanan)

Mengutip Bloomberg, Trump mengumumkan sederet langkah yang akan diterapkan pemerintah terkait corona, termasuk membebaskan bunga kredit untuk dana pendidikan; meningkatkan stok minyak; menyiapkan layanan drive through tes virus corona di lokasi parkir Walmart dan Target; serta memberikan kewenangan baru bagi Sekretaris Kesehatan-nya guna melewati regulasi rumah sakit.

Trump memperingatkan dampak virus bisa lebih buruk. “Delapan minggu ke depan adalah situasi kritis,” kata dia saat memberikan pernyataan resmi di Rose Garden, Gedung Putih, Jumat (13/3).

(Baca: Menteri hingga Bintang Hollywood Tom Hanks Positif Corona)

Ia juga mengatakan bahwa pandemi ini memiliki potensi untuk menyebabkan konsekuensi menyakitkan bagi keamanan nasional dan ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...