Anies Baswedan: Infeksi Corona Bukan Aib, Lapor Bila Rasakan Gejala

Image title
14 Maret 2020, 20:45
Anies Baswedan, Virus corona, jakarta, Corona Bukan Aib
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.
Simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan infeksi virus corona atau Covid-19 bukan aib yang perlu disembunyikan. Ia meminta setiap orang yang memiliki gejala-gejala terjangkit virus tersebut untuk segera melaporkan diri.

"Kami menggarisbawahi bahwa Covid-19 ini bukan aib. Jadi kalau terdeteksi itu tidak usah harus disembunyikan, harus segera lapor supaya melindungi yang lain dari tertular dan melindungi dirinya agar bisa langsung ada tindakan perawatan," kata dia saat menggelar Konferensi Pers di Jakarta, Sabtu (14/3).

Menurut dia, temuan kasus infeksi corona di Jakarta semakin merata. Ratusan pasien dalam pemantauan dan pengawasan terkait corona. Sedangkan jumlah pasien positif corona di Jakarta tercatat 69 orang.

(Baca: Gubernur Anies Beberkan Peningkatan Jumlah Pasien Pengawasan Corona)

Saat ini, sebanyak 190 rumah sakit di Jakarta siaga untuk mendukung penanganan infeksi corona, di mana delapan rumah sakit di antaranya merupakan rumah sakit rujukan. Sebanyak 1.838 klinik dan 289 unit Puskemas juga telah disiagakan.

Pemerintah DKI juga telah menerapkan kebijakan penutupan sekolah hingga tempat wisata, serta penyemprotan disinfektan. Ujian Nasional SMA/SMK yang sejatinya diselenggarakan pada Senin (16/3) juga ditunda. Ia juga menganjurkan kepada penyelenggara kursus ataupun pendidikan nonformal lainnya untuk menunda kegiatan belajar-mengajar secara langsung.

Potensi Sebaran Corona di Indonesia Meluas 

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan telah terdapat 96 kasus corona di Indonesia sejauh ini, atau bertambah 27 kasus dari sehari sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...