Pekan QRIS Nasional, Momen OVO Edukasi Ribuan Merchant di 16 Kota

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
16 Maret 2020, 14:39
OVO Boboko
Katadata

Ruri Ruhyaty memulai bisnis kuliner yang diberi nama Ratu Boboko sejak 2017 di Bandung. Tak lama setelah membuka gerai pertama, ia membuka outlet kedua di salah satu kantin kantor di kawasan Kuningan, Jakarta. Warung makan Ratu Boboko fokus menyajikan kuliner khas sunda.

Selama sekitar dua tahun pertama berdagang di ibu kota, Ruri mengaku kerap kerepotan tatkala jam makan siang tiba. Bukan hanya sibuk melayani pesanan tetapi juga repot menyiapkan kembalian untuk masing-masing pelanggan.

Namun, kondisi tersebut tidak lagi menjadi masalah sejak sekitar setahun terakhir. Kerja sama dengan dompet digital OVO membuat transaksi para pelanggan Ratu Boboko menjadi lebih efisien. Ruri mengakui, salah satu manfaat yang paling terasa, yakni tak repot lagi menyediakan uang kembali.

Kenyamanan menjadi merchant OVO semakin terasa sejak kehadiran QRIS yang digagas Bank Indonesia (BI). Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode kode QR dari BI yang bisa menerima pembayaran dari OVO maupun aplikasi pembayaran lain di Tanah Air.

“QRIS bikin jualan lebih efisien karena transaksi juga menjadi lebih cepat. Sejak ada QRIS di kantin ini, jualan saya jadi lebih simpel,” ucap muslimah berdarah sunda tersebut kepada Tim Katadata, di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Kemudahan lain yang dirasakan Ruri sejak menggunakan QRIS adalah keteraturan pembukuan sehari-hari. Pasalnya, pembayaran dari pelanggan tercatat jelas dan langsung masuk ke rekening banknya. Dengan pembukuan digital, Ruri mengaku mempermudah mengukur performa penjualannya.

“Penjualan meningkat antara sebelum dan sesudah ada QRIS, sekitar 30 persen. Transaksi di Ratu Boboko sekarang lebih banyak non tunai daripada tunai, yaitu sekitar 60 persen,” ujar Ruri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...