Bisnis Otomotif Terdampak Corona, Penjualan Mobil Februari Turun 2,7%

Rizky Alika
17 Maret 2020, 12:51
Efek Corona & Pariwisata Lesu, Penjualan Mobil Februari Turun 2,7% .
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Deretan mobil yang siap diekspor di IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/7/2019). Gaikindo mencatat, penjualan mobil Februari 2020 turun 2,7% dibanding periode yang sama tahun lalu terimbas wabah corona.

Penjualan mobil nasional pada Februari anjlok 2,7% secara tahunan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, penjualan otomotif ikut terpukul seiring merebaknya virus corona (Covid-19) dan lesunya sektor pariwisata.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan,  penyebaran wabah virus coron menyebabkan masyarakat mengurangi mobilitasnya. "Kalau orang menghindari keramaian seperti ke mall, sektor otomotif pasti terdampak," kata Yohannes kepada katadata.co.id, Selasa (17/3).

Lesunya sektor pariwisata juga disinyalir ikut menyebabkan lesunya pembelian kendaraan. Sebab, kebutuhan kendaraan untuk mengangkut wisatawan menjadi berkurang.

(Baca: Daya Beli Melemah, Penjualan Mobil Awal Tahun Turun 2.005 Unit)

Selain itu, lanjut dia, penjualan mobil juga terdampak dari penurunan aktivitas ekspor  komoditas, seperti pertambangan dan minyak kelapa sawit yang mulai menurun sejak wabah virus merebak di Tiongkok dan diikuti penyebaran di sejumlah negara. 

Ia pun menilai, penjualan mobil akan terdampak dari pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan menurun. "Banyak yang perkirakan pertumbuhan ekonomi menurun, otomotif akan terdampak," ujar dia.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil domestik pada Februari mencapai 79.593 unit atau turun 2,7% dibandingkan Februari 2019 sebanyak 81.809 unit. Angka tersebut juga turun 1,05% dibandingkan Januari 2020 yang mencapai 80.424 unit.

Adapun penjualan mobil jenis low cost green car atau LCGC turut mengalami penurunan.  Gaikindo mencatat, penjualan LCGC sepanjang Februari 2020 mencapai 16.122 unit atau anjlok 6,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 17.232 unit.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...