Hoaks Capai 242, Ahli IT Usul Kominfo Buat Platform Khusus soal Corona

Fahmi Ahmad Burhan
17 Maret 2020, 16:21
Hoaks Capai 242, Ahli IT Usul Kominfo Buat Platform Khusus soal Corona
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Kominfo Johnny G Plate (kiri) mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Sebanyak 242 hoaks terkait virus corona ditemukan sejak awal tahun ini. Pakar teknologi informasi (IT) menilai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perlu membuat sistem informasi khusus seputar pandemi corona.

Dengan begitu, masyarakat yang belajar maupun bekerja di rumah alias Work From Home bisa mendapat informasi yang akurat seputar virus covid-19. Sebab, Peneliti Keamanan Siber Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menilai upaya Kominfo mengatasi hoaks virus corona belum maksimal.

"Bisa misalnya, mengirimkan SMS secara berkala kepada masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lain atau social distancing dan imbauan lainnya," ujar Pratama kepada Katadata.co.id, Selasa (17/3).

(Baca: Kominfo Bakal Luncurkan Chatbot untuk Tangkal Hoaks Virus Corona Besok)

Karena itu, Kominfo perlu membangun sistem informasi supaya masyarakat mengetahui upaya pencegahan virus corona dan fasilitas apa saja yang disediakan pemerintah. “Banyak masyarakat sulit mendapatkan akses fasilitas kesehatan. Itu bisa disalurkan laporannya di aplikasi," kata Pratama.

Saat ini, sebenarnya kementerian tengah mengembangkan chatbot di WhatsApp untuk menyampaikan informasi terkat virus corona. Rencananya, platform itu akan diluncurkan besok.

Selain itu, warga bisa memastikan informasi terkait virus corona melalui situs resmi Kementerian Kesehatan, dan yang non-medis dari Kantor Staf Presiden. Sedangkan terkait penanggulangan bencana terpusat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB).  

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...