Transjakarta Tambah Jam Operasional dengan 123 Rute Hari Ini

Image title
17 Maret 2020, 07:47
transjakarta, transportasi, jakarta
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama.
Ilustrasi, calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). Pemerintah DKI Jakarta akhirnya memutuskan layanan transportasi publik beroperasi normal mulai hari ini, Selasa (17/3).

PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta memutuskan untuk menambah jam operasional dan rute mulai hari ini, Selasa (17/3). Terdapat 123 rute yang akan beroperasi mulai pukul 05:00-22:00 WIB untuk layanan reguler, dan 11 rute Layanan Angkutan Malam Hari atau Amari mulai pukul 22:00-05:00.

Jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian 15 rute Bus Rapid Transit (BRT) dalam koridor, 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota, empat rute RoyalTrans, 10 rute Transjabodetabek, dan 69 rute Mikrotrans.

Advertisement

Biarpun begitu, Transjakarta tetap memberlakukan jarak antar penumpang atau social distancing di dalam bus. Sehingga kapasitas angkut tiap bus tidak maksimal.

Untuk kapasitas bus gandeng dibatasi sebanyak 60 penumpang, bus besar sebanyak 30 penumpang, bus sedang dan Royaltrans 15 penumpang, dan enam penumpang untuk Mikrotrans.

(Baca: Diperintah Jokowi, Anies Kembalikan Jadwal Angkutan Umum di Jakarta)

"Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga dua kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi," demikian keterangan tertulis Transjakarta.

Selain itu, pelanggan diharapkan agar dapat sabar mengantri di luar halte untuk menghindari desak-desakan di dalam halte atau di dalam bus. Pelanggan yang mengantre akan diatur dengan jarak satu lengan.

Petugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan.  Diharapkan dengan jarak antar pelanggan tersebut, penyebaran COVID-19 dapat diminimalisir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement