Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Virus Corona

Agustiyanti
18 Maret 2020, 14:16
Sri Mulyani, Wisma Atlet, tempat isolasi, pasien positif virus corona, pandemi corona, covid-19, wisma atlet kemayoran
Katadata
Wisma Atlet Kemayoran akan menjadi tempat isolasi pasien positif virus corona.

Pemerintah akan menggunakan Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat isolasi bagi pasien positif virus corona yang tak membutuhkan bantuan petugas medis atau rumah sakit. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan hal tersebut akan dikoordinasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 

"BNPB akan mengkoordinasikan pemandatan isolasi pasien yang positif covid-19, tetapi tidak mengalami gejala yang butuh bantuan tenaga medis dan RS," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers kondisi terkini APBN melalui streaming video, Rabu (18/3). 

Sri Mulyani menjelaskan pasien-pasien tersebut harus diisolasi agar tak menularkan ke orang lain. Adapun Wisma Atlet menjadi lokasi yang paling siap mengingat sejak gelaran Asian Games  hingga kini belum dipergunakan. 

(Baca: Tiongkok Sebut Obat Merek Avigan Buatan Fujifilm Efektif Atasi Corona)

"Wisma Atlet paling siap sisi fasilitas air, listrik, tempat tidur, dan sebagainya. Sekarang BNPB sedang diminta bagaimana itu menjadi tempat isolasi," kata dia. 

Sebelumnya, Pakar dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan lockdown atau mengisolasi daerah secara total belum memungkinkan karena berbagai faktor, termasuk menjaga kestabilan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...