Nissan Mulai Setop Produksi Datsun di Indonesia

Image title
19 Maret 2020, 12:18
Nissan Mulai Setop Produksi Datsun di Indonesia.
Dok. Nissan Motor Co
Nissan Motor Co mulai menghentikan produksi mereka di Indonesia. Untuk tipe mobil kompak Datsun akan dikonsolidasikan dengan produksi pabrik mereka di dunia.

Produsen otomotif asal Jepang, Nissan Motor Co. resmi menghentikan produksi kendaraan di Indonesia. Langkah penutupan ini dilakukan sebagai bentuk memperbaiki kinerja perusahaan di tengah terus menurunnya angka penjualan dan keuntungan.

"Keputusan untuk menghentikan produksi mobil kompak Datsun di pabrik Jawa Barat adalah bagian dari rencana untuk mengoptimalkan produksi, dan mengatur ulang operasi bisnis,” kata manajemen Nissan dalam pernyataan resmi yang dilansir dari Reuters, Kamis (19/3).

Advertisement

(Baca: Nissan Bakal Setop Produksi Datsun di Indonesia Mulai Januari 2020)

Nissan akan mengonsolidasikan produksi seri tersebut ke beberapa pabrik mereka di dunia.  Sebelumnya dikabarkan, Nissan akan menghentikan produksi Datsun dan Datsun Go+. Kendati produksi ini dihentikan, Nissan akan tetap melanjutkan proses manufaktur dengan strategi yang berbeda.

Yang mana pada pabrik yang semula digunakan untuk memproduksi mobil Datsun, bakal dipakai untuk melokalisasi komponen utama mesin New Livina dan Mitsubishi Xpander. 

Di saat Nissan menutup produksi mereka di Indonesia, hal sebaliknya justru dimanfaatkan pabrikan mobil asal Korea Selatan untuk melakukan ekspansi ke Tanah Air. Hyundai Motor Company sebelumnya disebut bakal membangun pabriknya pada April mendatang untuk memperkuat pasarnya serta melawan dominasi kendaraan merek Jepang. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement