Grup Astra Bantu Aneka Alat Penanganan Corona Senilai Rp 63 Miliar

Image title
23 Maret 2020, 22:22
astra international, virus corona
Astra International
PT Astra International Tbk bersama perusahaan yang tergabung dalam Group Astra menyerahkan bantuan berupa berbagai peralatan pencegahan virus corona seperti alat uji tes, alat pelindung diri, hand sanitizer hingga disinfektan kepada Kementerian Kesehatan RI (23/3).

PT Astra Internasional Tbk bersama perusahaan grup Astra menyerahkan bantuan total senilai Rp 63 miliar kepada pemerintah pada Senin (23/3). Dana tersebut bakal digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Bantuan tersebut berupa alat uji tes Covid-19, alat pelindung diri, hand sanitizer  hingga disinfektan. Perusahaan itu juga menyumbang 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk yang terdiri dari lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71 yang bisa digunakan untuk kendaraan penyemprotan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

Advertisement

Untuk penyerahan bantuan tersebut, Astra menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak yakni Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), laboratorium medis, dan rumah sakit rujukan pemerintah senilai Rp5,5 miliar.

(Baca: Jack Ma Donasi 2 Juta Masker & Baju Pelindung ke 4 Negara, Termasuk RI)

Selain itu, Astra juga bekerja sama dengan satu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia sebesar Rp40 miliar. Astra juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dalam pengadaan alat tes Covid-19.

“Kami berharap seluruh elemen bangsa bersatu padu dalam menghadapi situasi saat ini. Bantuan awal ini merupakan wujud kontribusi kami dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19,” ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto dalam keterangan tertulis pada Senin (23/3).

Lebih lanjut dia mengatakan Astra mendukung pemerintah mencegah penyebaran COVID-19. "Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat," kata Prijono.

(Baca: Kolaborasi Kadin dan Tzu Chi Kembali Salurkan Donasi Penanganan Corona)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement