Jadi Mitra Kartu Prakerja, Tokopedia & Bukalapak Siapkan Fitur Khusus

Fahmi Ahmad Burhan
23 Maret 2020, 18:47
Ilustrasi, logo Tokopedia. Bersama dengan Bukalapak, Tokopedia digandeng oleh pemerintah untuk program kartu pra-kerja. Keduanya pun segera menyiapkan fitur khusus bagi peserta kartu pra-kerja.
ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi, logo Tokopedia. Bersama dengan Bukalapak, Tokopedia digandeng oleh pemerintah untuk program kartu pra-kerja. Keduanya pun segera menyiapkan fitur khusus bagi peserta kartu pra-kerja.

Dua perusahaan e-commerce mitra pemerintah dalam penyelenggaraan program kartu prakerja, Tokopedia dan Bukalapak, telah menyiapkan fitur khusus untuk mensukseskan program ini.

Digital Business Lead Tokopedia Jonathan Gilbert Tricahyo mengatakan, Tokopedia mempunyai fitur Tokopedia Belajar, yang dapat digunakan oleh peserta kartu prakerja untuk mendapatkan akses pelatihan.

Advertisement

Pelatihan, baik online maupun offline, bisa diakses pengguna kartu prakerja di platform Tokopedia dalam bentuk voucher digital. Fitur itu nantinya berisi pilihan program edukasi atau pelatihan dari beragam institusi pendidikan, yang sudah melalui proses kurasi oleh Tokopedia.

Ia menjelaskan, pemilihan pelatihan bisa didasarkan pada kriteria lokasi maupun metode pembelajaran yang diinginkan, dengan menggunakan kartu pra-kerja sebagai metode pembayaran khusus.

Sejauh ini, Tokopedia sudah menggandeng 100 lembaga pendidikan. Jenis lembaganya pun beragam, mulai dari teknik informatika atau information technology (IT), bahasa, kepemimpinan dan profesional, fotografi, bisnis, desain dan multimedia, hingga pemasaran digital.

"Lewat fitur kartu prakerja, Tokopedia berharap bisa mendukung kontinuitas pendidikan pelajar di Indonesia dan meningkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja," ujar Jonathan kepada Katadata.co.id, pada Senin (23/3).

(Baca: Program Kartu Prakerja Libatkan Tokopedia, Bukalapak, OVO & Ruangguru)

Begitu pula dengan Bukalapak, yang juga telah menyiapkan fitur untuk peserta program kartu pra-kerja. Director of Payment, Fintech and Virtual Products of Bukalapak Victor Putra Lesmana mengatakan, peserta prgram kartu pra-kerja dapat memilih program atau voucher yang tersedia di Bukalapak.

Seluruh pengguna kartu prakerja kemudian dapat mengakses dan memilih pelatihan yang diminati, dengan layanan kursus dan pelatihan online yang berdurasi dari sebulan hingga tiga bulan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement