#MediaLawanCovid-19, Usaha Media Dorong Kesadaran Publik Akan Corona

Image title
Oleh Ekarina
24 Maret 2020, 08:48
#MediaLawanCovid-19, Usaha Media Dorong Kesadaran Publik Akan Corona.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (23/3/2020). Sekitar 50 media nasional dan daerah menggencarkan kampanye #MediaLawanCovid-19 sebagai inisiatif penyebaran konten edukatif dan masif dalam upaya memerangi penyebaran virus corona di Indonesia.

Sebanyak 50 media nasional dan daerah menggencarkan kampanye #MediaLawanCovid-19. Kampanye ini merupakan inisiatif bersama kalangan media untuk menyebarkan konten edukatif dan masif dalam upaya memerangi penyebaran virus corona di Indonesia.

Inisiatif ini diikuti oleh lebih dari 50 media nasional dan daerah dari berbagai platform, yaitu televisi, radio, media cetak, media siber serta media sosial.

Adapun inisiatif ini muncul secara spontan dan bersifat independen, tanpa terafiliasi dan dibiayai oleh pihak mana pun. Dengan begitu, kinerja jurnalistik tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap menjunjung azas independensi.

(Baca: Kominfo Cap Hoaks 305 Informasi, Salah Satunya soal Jakarta Lockdown)

Melalui kerja berjaringan ini, diharapkan berbagai pesan penting dalam upaya memerangi penyebaran virus corona dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat. Hal ini menjadi penting seiring penyebaran Covid-19 yang semakin meluas.

"Sementara, kesadaran publik belum terbangun secara sistematis," tulis pernyataan bersama tersebut.

Sesuai dengan ide awal, inisiatif ini akan membatasi diri pada pembuatan dan penyampaian pesan-pesan yang bersifat edukasi kepada publik.

Sebagai penanda dimulainya kampanye ini, maka mulai Selasa, 24 Maret 2020, akan dipublikasikan konten perdana dengan tagar #AmanDiRumah, sekaligus peluncuran tagar #MediaLawanCovid19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...