Tokopedia, OVO, dan Grab Patungan Donasi Rp 3 Miliar Lawan Corona

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Yuliawati

24/3/2020, 18.33 WIB

Ketiga perusahaan bekerja sama dengan startup urun dana (crowd funding) Benih Baik yang dipimpin oleh jurnalis senior Andy F. Noya.

Tokopedia, OVO, dan Grab patungan, donasi untuk corona
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc.
Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus Corona (COVID-19) melintas di depan ruang isolasi sementara di Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Tokopedia, OVO, dan Grab patungan donasi masing-masing sebesar Rp 1 miliar untuk membantu melawan virus corona atau Covid-19. Total donasi senilai Rp 3 miliar tersebut nantinya bakal digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga medis.  

Ketiga perusahaan bekerja sama dengan startup urun dana (crowd funding) Benih Baik yang dipimpin oleh jurnalis senior Andy F. Noya. Inisiasi ini juga menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyalurkan donasi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Dengan menyumbang dana sebesar Rp 1 miliar, kami harapkan dapat membuka jalur donasi agar masyarakat turut berkontribusi dalam inisiasi ini," ujar Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison dalam siaran pers, Selasa (24/3).

(Baca: Atasi Pandemi Corona, Kalbe Farma Siapkan Bantuan Senilai Rp 25 Miliar)

Leontinus juga menyatakan Tokopedia juga telah menyumbang lebih dari 150 ribu masker mulut untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Asisten Rumah Tangga (ART), pekerja kapal, dan buruh migran lain yang cenderung tidak punya akses ke produk kesehatan.

"Selain itu, kami juga membuka dua kanal berdonasi demi mengajak masyarakat membantu pengadaan multivitamin, APD (Alat Pelindung Diri) standar dan sanitizer untuk tenaga medis, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia," ujar Leontinus.

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan, donasi tersebut bakal dipergunakan untuk membeli alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan bagi pekerja medis. "Di mana alat-alat ini sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak,” ujar dia.

(Baca: Mal Sepi & Tutup Imbas Corona, Pengusaha Minta Insentif ke Pemerintah)

Selain itu, OVO juga meluncurkan program bantuan untuk merchant termasuk UKM dengan membagikan 10 ribu pembersih tangan (hand sanitizer) di wilayah Jabodetabek dan Bali. "Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada semua merchant untuk bersikap waspada dan terus menjaga kebersihan usai melakukan transaksi," ujar Karaniya.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk mendukung kinerja tenaga medis sebagai garda terdepan di Indonesia untuk memerangi pandemi Covid-19. "Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung," ujar Neneng.

Neneng mengatakan, perusahaan  juga telah menempatkan berbagai inisiasi dalam melawan virus corona seperti  GrabCare memberikan bantuan finansial bagi mitra pengemudi yang positif Covid-19, kolaborasi mengumpulkan 1 juta masker lewat Palang Merah Indonesia (PMI), dan ketersediaan cakupan asuransi Mandiri In-Health.

(Baca: Korporasi Besar Himpun Donasi Rp 500 Miliar untuk Atasi Pandemi Corona)

Founder dan CEO BenihBaik.com Andy F Noya menyambut baik donasi tiga perusahaan digital tersebut. "Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk bersatu dan mendukung upaya pemerintah dalam melawan Covid-19," kata Andy F Noya.

Senada dengan Andy, Kepala BNPB Doni Monardo menyambut baik inisiatif ini. Ia mengatakan bahwa dana tersebut bakal digunakan untuk tim tenaga kesehatan selama penanganan Covid-19, termasuk untuk memberikan bantuan logistik, bantuan obat-obatan kepada para dokter para perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Tokopedia, OVO dan Grab juga akan membuka kanal donasi di platform masing-masing sehingga masyarakat dapat berkontribusi melawan Covid-19. Selain untuk keperluan medis, dana ini bakal digunakan untuk berbagai keperluan mendesak terkait dampak pandemi Covid-19.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan