Cegah Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok hingga 5 April

Image title
26 Maret 2020, 18:49
pasar tanah abang tutup, virus corona, pandemi corona, covid 19,
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Pedagang menunggu datangnya konsumen di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta. PD Pasar Jaya akan menutup Pasar Tanah Abang mulai besok 27 Maret hingga 5 April 2020.

Perumda (PD) Pasar Jaya berencana akan menutup sementara Pasar Tanah Abang mulai 27 Maret hingga 5 April 2020 untuk mengurangi risiko penularan virus corona atau Covid-19. Penutupan ini meliputi Blok A, Blok B dan Blok F. Sedangkan Blok G dibuka terbatas hanya untuk pedagang yang berjualan jenis bahan pangan.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan bahwa penutupan Pasar Tanah Abang untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung menjelang bulan suci Ramadan. Pengunjung tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya saja, tapi juga dari luar daerah, bahkan mancanegara sehingga berisiko menjadi tempat penularan Covid-19.

"Seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara, ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” kata Arief melalui siaran pers, Kamis (26/3).

Dia mengatakan bahwa rencana penutupan ini telah dikomunikasikan dengan pedagang terlebih dahulu. Terlebih, menjelang bulan Ramadan memang menjadi waktu yang sangat penting bagi pedagang penjualan mereka akan lebih tinggi daripada hari biasa.

(Baca: Cegah Penularan Corona, Pasar Tanah Abang Batasi Operasional Enam Jam)

"Kami sampaikan beberapa hal untuk adanya pengertian bersama diantara para pedagang dan manajemen, untuk itu baik pedagang dan manajemen sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” kata dia.

Tak hanya itu, sejumlah langkah telah dilakukan Pasar Jaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di pasar tersebut. Di awal kasus ini merebak di Jakarta Manajemen Pasar Jaya langsung melakukan pembatasan pintu akses masuk kedalam pasar.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...