Pandemi Corona, IMF Bakal Cairkan Pinjaman Rp 2 Trilun Bantu Kirgistan

Agustiyanti
27 Maret 2020, 13:17
IMF, pandemi corona, pinjaman darurat, kirgistan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. IMF memberikan bantuan pinjaman darurat kepada Kirgistan sebesar US$120,9 juta.

Dana Moneter Internasional menyetujui permintaan pinjaman oleh Republik Kirgistan sebesar US$ 120,9 juta atau sekitar Rp 2 triliun. Kirgistan merupakan negara pertama yang memperoleh bantuan keuangan darurat dari IMF untuk mengatasi dampak pandemi corona.

Pinjaman tersebut akan diberikan kepada Negara Asia Tengah itu untuk memenuhi kebutuhan neraca pembayaran yang terdampak Pandemi corona. Ini untuk membantu katalisasi dukungan donor dan sumber daya kesehatan gratis untuk penanganan Covid-19.

Guna menyerap goncangan pandemi, pemerintah Kirgistan telah menerapkan pelonggaran sementara kebijakan makroekonomi dan keuangan.

Dewan Eksekutif IMF pada Kamis (26/3) sepakat untuk mengucurkan pinjaman melalui rapid financing instrument atau RFI sebesar US$ 80,6 juta dan rapid credit facility atau RCF sebesar US$ 40,3 juta.

(Baca: Sri Mulyani Terharu, Jokowi Ikuti Pertemuan G20 Meski Masih Berduka)

Ini merupakan pinjaman darurat IMF pertama di bawah RFI/RCF di seluruh dunia sejak pandemi.

Merebaknya pandemi ini telah melemahkan prospek ekonomi makro Republik Kirgistan dan memperbesar kesenjangan neraca pembayaran yang diperkirakan sekitar US $ 400 juta. Ada tingkat ketidakpastian yang tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya seputar proyeksi ini.

Dukungan IMF membantu meningkatkan penyangga dan menopang kepercayaan bagi ekonomi Kirgistan. Ini juga membantu mengkatalisasi dukungan donor dan melestarikan ruang fiskal untuk pengeluaran kesehatan esensial terkait COVID-19

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...