Luhut Sebut Keputusan Karantina Wilayah Diumumkan Pekan Ini

Rizky Alika
31 Maret 2020, 14:45
luhut pandjaitan, karantian wilayah, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memutuskan kepastian terkait karantina wilayah pada pekan ini.

Pemerintah tengah mempertimbangkan kebijakan yang tepat untuk mengurangi potensi penularan virus corona. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memutuskan kepastian terkait karantina wilayah pada pekan ini.

“Kami akan lihat istilahnya nanti apa. Saya kira dalam minggu ini akan ada keputusan mengenai itu,” kata dia dalam videonya, Selasa (31/3).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo tengah mempertimbangkan keputusan yang memberikan dampak minim terhadap rakyat. Jokowi tidak ingin ada korban dalam jumlah besar atas kebijakan yang diambil.

“Beliau selalu melihat kepada rakyat kecil yang jumlahnya itu sekian puluh juta orang,” ujar dia.

Ia mengatakan, pemerintah harus mencari definisi yang tepat, terutama terkait istilah karantina. Istilah tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

(Baca: Kewajiban Pemerintah Saat Pembatasan Sosial dan Bahaya Darurat Sipil)

Pasal 1 poin 1 undang-undang itu mengatakan, “kekarantinaan Kesehatan adalah upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.”

Definisi karantina wilayah dijelaskan dalam poin 10 yakni, “pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah Pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.”

Luhut pun meminta, masyarakat tidak lagi menggunakan istilah lockdown. Adapu sejauh ini, menurut dia, keberhasilan lockdown hanya terjadi di Tiongkok. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...