Daftar Penutupan Jalan ke Jabodetabek jika PSBB Virus Corona Berlaku

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2020, 21:33
jalan tol, jabodetabek, virus corona
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). BPTJ menyiapkan sejumlah titik yang direkomendasikan tutup jika pembatasan sosial virus corona berlaku.

Kementerian Perhubungan merekomendasikan penutupan akses hampir seluruh jalan dari dan menuju wilayah Jabodetabek jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku. Dalam surat tersebut, mereka juga menjabarkan beberapa titik yang bisa ditutup  guna mencegah virus corona Covid-19 menyebar.

Rekomendasi ini termaktub dalam Surat Edaran Nomor SE.5 BPTJ Tahun 2020 yang diteken Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) hari Rabu (1/4). Mereka meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga Korps Lalu Lintas Polri memberi izin pembatasan akses jika PSBB berlaku.

Advertisement

“Untuk memberi rekomendasi daerah apabila diperkenankan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan resmi Kemenhub, Rabu (1/4).

(Baca: BPTJ Usul Tutup Akses Keluar Masuk Jabodetabek Cegah Penyebaran Corona)

BPTJ memerinci beberapa titik jalan yang direkomendasikan untuk ditutup jika PSBB diberlakukan.  Pertama adalah larangan mobil pribadi dan bus memasuki tol dari Jabodetabek atau dari luar wilayah tersebut.

Kedua larangan mobil, bus, dan sepeda motor memasuki jalan nasional dan jalan provinsi dari dalam atau luar wilayah Jabodetabek. “Khususnya untuk perjalanan antar kota dan wilayah di dalam Jabodetabek,” bunyi Surat Edaran tersebut.

Ketiga, rekomendasi untuk menutup akses ruas jalan tol dan arteri menuju arah selatan Jabodetabek.  Lokasinya berada di akses masuk tol Ciawi dan Bogor, ramp on 1 dan 2, ramp on Cijago, jalur alternatif Cianjur-Bandung (Cibubur-Jonggol), Jalan Raya Bogor, dan Jalan Raya Parung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement