Hampir Separuh Tambahan Kasus Positif Corona Berasal dari Jakarta

Dimas Jarot Bayu
1 April 2020, 16:34
virus corona, covid-19, jakarta
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Pejalan kaki menggunakan masker melewati Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Sebanyak 62 tambahan kasus baru berada di Provinsi DKI Jakarta.

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar kasus positif virus corona Covid-19 hingga Rabu (1/4).  Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan kasus di Ibu Kota hari ini mencapai 62 orang atau 41,6% dari total pasien baru. 

Alhasil, ada 808 kasus corona yang ada di Jakarta atau terbanyak seantero negeri. Sedangkan total jumlah kasus positif Covid-19 hingga saat ini sebanyak 1.677 orang.

"Pada kasus yang kita rawat di seluruh Tanah Air, untuk konfirmasi kasus positif ada penambahan 149 orang, sehingga totalnya menjadi 1.677 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (1/4).

(Baca: Kasus Positif Corona RI Melonjak jadi 1.677 Orang, 157 Meninggal Dunia)

Penambahan terbanyak kedua berasal dari Jawa Barat sebanyak 21 kasus dan total kasus di wilayah ini sebanyak 220 orang. Posisi ketiga ditempati oleh Sulawesi Selatan dengan 15 kasus baru. Total kasus positif corona di provinsi tersebut mencapai 66 orang.

Kemudian, ada tambahan 11 kasus baru masing-masing berada di Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di Banten, total kasus positif corona mencapai 152 orang. Sedangkan, total pasien corona di Jawa Tengah dan Jawa Timur sama-sama sebanyak 104 orang.

Selain itu ada penambahan enam kasus baru di Bali, sehingga totalnya menjadi 25 orang. Tambahan lima kasus positif corona berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan total pasien sebanyak 28 orang.

(Baca: Jokowi Minta Pemda Tak Buat Kebijakan Sendiri Tangani Corona)

Lalu, tambahan dua kasus baru yang masing-masing berada di Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara. Ada pula kenaikan masing-masing satu kasus positif corona di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Virus corona telah menyebar hingga 32 provinsi di Indonesia. Hanya Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur yang sampai saat ini belum dilaporkan terinfeksi corona.



Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...