Terpukul Pandemi Corona, Kunjungan Turis Asing Februari Anjlok 30%

Agatha Olivia Victoria
1 April 2020, 13:58
bps, kunjungan wisatawan mancanegara, wisatawan, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan memeriksa suhu badan seorang wisatawan asing di Terminal Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh, Senin (16/3/2020). BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air turun drastis terimbas pandemi corona.

Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia turun drastis sebagai dampak dari pandemi global corona.

Menurut catatan BPS, jumlah kunjungan wisman pada Februari 2020 hanya mencapai 885 ribu kunjungan, turun 30,42% dibanding bulan Januari 2020, dan turun 28,85% secara tahunan alias year on year (yoy) dibanding Februari 2019.

"Penurunan wisman hampir di semua pintu masuk dan ini kita menyadari merupakan dampak dari penyebaran virus corona," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers video di Jakarta, Rabu (1/4).

Secara rinci, jumlah wisman Februari 2020 terdiri dari wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 558 ribu kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 208 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 117 ribu kunjungan.

(Baca: Corona Meluas, Arab Saudi Imbau Umat Muslim Tunda Haji & Umrah)

Adapun jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang datang melalui pintu masuk udara turun 23,6% yoy. Penurunan kunjungan wisman tersebut terjadi di seluruh pintu masuk udara kecuali Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Persentase penurunan tertinggi tercatat pada Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara yang mencapai 91,78% yoy, diikuti Bandara Sultan Badarudin II, Sumatera Selatan 46,47% yoy, dan Bandara Kualanamu, Sumatera Utara 34,16% yoy. Sedangkan persentase penurunan terendah terjadi di Bandara Hasanuddin, Sulawesi Selatan sebesar 12,26% yoy.

Jika dibandingkan dengan Januari 2020, jumlah kunjungan wisman melalui pintu masuk udara pada Februari 2020 turun 29,87%. Penurunan terjadi di seluruh pintu masuk udara kecuali di Bandara Husein Sastranegara, Jawa Barat, dan Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...