Anies Janjikan Bantuan Tunai Rp 1 Juta per Keluarga Miskin Jakarta

Image title
2 April 2020, 19:19
bantuan tunai, anies baswedan, warga miskin, jakarta, pandemi corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan 2,6 juta warga miskin Ibu Kota akan dapat bantuan langsung tunai sebesar Rp 1 juta per keluarga.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan warga miskin Ibu Kota mendapat bantuan langsung tunai sebesar Rp 1 juta selama dua bulan ke depan untuk meningkatkan daya beli yang terpukul imbas pandemi corona. Besaran bantuan tersebut telah disepakati bersama Kementerian Sosial dan dapat segera dicairkan.

"Pembicaraan terakhir dengan Menteri Sosial, tim DKI Jakarta dan tim Kemensos sepakat untuk memberikan dukungan di angka Rp 1 juta per keluarga untuk digunakan bersama-sama," kata Anies melalui teleconference bersama Wakil Presiden Amien Ma'ruf, Kamis (2/4).

Anies menyebutkan bantuan tersebut akan disalurkan kepada 2,6 juta warga miskin dan pekerja informal di Jakarta. Rinciannya, Rp 880 ribu diberikan selama dua bulan dari April dan Mei sehingga nilai total bantuan langsung tersebut mencapai Rp 4,58 triliun.

Dari jumlah penerima bantuan, sebanyak 1,1 juta orang merupakan masyarakat miskin yang sudah terindentifikasi sebagai penerima bantuan tetap. Sementara sisanya merupakan kelompok rentan miskin yang selama ini tidak mendapatkan bantuan langsung.

(Baca: Tingkat Kematian Covid-19 di Jakarta 10%, Anies Desak PSBB ke Terawan)

"Mereka ini misalnya pengemudi ojek atau pedagang bakso, pedagang pedagang kaki lima, mereka selama ini memiliki  pendapatan tapi begitu ekonomi mengalami kontraksi, mereka langsung kehilangan pendapatan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...