Harga Saham Anjlok 42%, Lippo Karawaci Anggarkan Rp 75 M untuk Buyback

Image title
2 April 2020, 16:52
lippo karawaci, buyback saham, pembelian kembali saham, john riady
Donang Wahyu | Katadata
Logo Grup Lippo. Lippo Karawaci akan melakukan buyback saham dan telah menyiapkan dana hingga Rp 75 miliar.

Lippo Karawaci Tbk, mengumumkan rencana aksi korporasi pembelian kembali (buyback) saham yang beredar di publik saat ini. Untuk aksi korporasi ini perusahaan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 75 miliar.

Perusahaan berkode emiten LPKR ini berencana untuk buyback sekitar 572 juta saham dengan harga pembelian Rp 131 per saham. Sepanjang tahun ini atau secara year to date (ytd) harga saham LPKR anjlok hingga 42,56%, yakni dari Rp 242 per saham pada akhir 2019 menjadi Rp 139 per saham pada penutupan perdagangan sore ini, Kamis (2/4).

Namun penurunan tajam saham LPKR baru dimulai awal Maret 2020, setelah sempat menyentuh harga tertingginya tahun ini di level Rp 240 per saham pada 5 Maret 2020.

"Pembelian kembali ini dilaksanakan pada saat yang tepat karena kami menemukan harga saham yang menarik serta penggunaan kelebihan uang kas secara bijaksana," kata CEO Lippo Karawaci John Riady melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (2/4).

(Baca: Tambah Kas dan Perpanjang Utang, Lippo Karawaci Siap Hadapi Corona)

Manajemen meyakini bahwa rencana buyback saham ini tidak akan memberikan dampak yang material pada aktivitas bisnis perseroan. Pasalnya perusahaan telah memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk mendukung operasional, serta untuk melakukan buyback.

Aksi korporasi ini juga tidak akan mengurangi pendapatan. John menyebutkan bahwa perusahaan telah membuat perencanaan dalam memperkuat posisi keuangannya sehingga memiliki fleksibilitas di pasar keuangan yang sangat fluktuatif.

"Kami tetap optimis dengan fundamental perseroan, terutama mengingat bahwa sebagian besar dari pendapatan kami bersifat recurring yang didukung oleh Siloam Hospitals," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...