Mekanisme dan Syarat Pelanggan PLN Gratis Bayar Listrik selama Corona

Penulis: Muhammad Ahsan Ridhoi

2/4/2020, 17.57 WIB

PLN menggratiskan listrik untuk pelanggan golongan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan golongan 900 VA

Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis b
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama 3 bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil sejumlah langkah dalam mengantisipasi dampak virus Corona terhadap ekonomi rakyat. Salah satunya membebaskan biaya listrik kepada masyarakat miskin. Langkah ini diumumkannya pada Selasa lalu melalui konferensi pers video.

Menindaklanjuti instruksi presiden, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menentukan mekanisme penggratisan listrik bagi masyarakat miskin. Kebijakan akan dimulai pada 1 April sampai Juni 2020. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, pelanggan golongan 450 VA bisa tidak membayar tarif listrik selama tiga bulan, baik pasca payar ataupun prabayar. Sementara pelanggan golongan 900 VA akan mendapat diskon 50%.

Penentuan dua golongan itu berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 32 Tahun 2018 tentang Mekanisme Perubahan Subsidi Tarif Tenaga Listrik Rumah Tangga. Dikatakan layanan listrik 450 VA sejatinya memang dikhususkan untuk rumah tangga miskin yang tinggal di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Hal ini tertuang dalam pasal 4 ayat 3b dari aturan tersebut.

Selanjutnya Pasal 4 menyatakan, rumah tangga yang berada di wilayah 3T dan tercatat di dalam Data Terpadu berhak mengajukan permohonan penyambungan listrik 450 VA atau juga dapat meningkatkan dayanya menjadi 900 VA. Ketentuan ini merupakan bagian dari program Listrik Desa (2018) yang berjalan sejak tahun 2018 lalu.

(Baca: Pandemic Bond, Surat Utang Negara untuk Atasi Wabah Covid-19)

Cara Mendapatkan Gratis Listrik Golongan 450 VA

Pelanggan golongan 450 VA subsidi pasca bayar akan langsung digratiskan tagihan listriknya, sementara pelanggan subsidi prabayar yang menggunakan token akan memperoleh token gratis dalam bentuk voucher.

Jumlah token gratis yang didapatkan akan berdasarkan besaran daya penggunaan tertinggi selama tiga bulan terakhir. Sebagai contoh, jika penggunaan daya bulan Januari sebesar 200 kWh, Februari 250 kWh, dan Maret sebesar kWh, maka PLN akan memberikan token sebesar 300 kWh untuk bulan April, Mei, dan Juni.

Token tersebut dapat diperoleh dengan mengakses aplikasi PLN dan mengisi nomor ID pelanggan sesuai yang tercatat di PLN. Setelah itu, pelanggan akan mendapatkan kode voucher yang dapat digunakan. "Mekanismenya kami buat yang paling mudah dan mungkin, sehingga tidak menyulitkan pelanggan,” kata Zulkifli, pada Rabu (4/1) lalu.

Bisa juga dengan mengirimkan nomor ID pelanggan ke Whatsapp dengan nomor 08122-123-123 atau dengan mengakses situs PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.  

Menurut data PLN, rata-rata konsumsi listrik golongan 450 VA mencapai 85,25 kWh per bulan, atau setara dengan Rp36 ribu per bulan. CNN Indonesia melaporkan, sampai Desember tahun 2019 pelanggan golongan tersebut sudah mencapai 23.832.071 orang.

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan PLN tidak khawatir penggratisan ini akan memicu penggunaa listrik secara berlebihan. Karena listrik 450 VA hanya bisa dikonsumsi secara terbatas untuk penerangan atau menyalakan perangkat yang tidak menghabiskan banyak daya.

(Baca:  Sri Mulyani Serahkan Perppu Penanganan Corona ke DPR)

Cara Mendapat Diskon Listrik Golongan 900 VA

Untuk pelanggan golongan 900 VA diskon tagihan dihitung berdasarkan pemakaian bulan sebelumnya. “Misalnya tagihannya Rp 200 ribu, bayarnya cukup Rp 100 ribu, mulai hari ini bayarnya sudah 50%,” kata Rida.

Hal sama berlaku bagi pelanggan golongan 900 VA subsidi prabayar yang menggunakan token. Cara menadapatkan tokennya juga tidak berbeda dengan pelanggan golongan 450 VA, yakni dengan cara mengisi data pelanggan di aplikasi PLN. Data terakhir Desember 2019 menujukan pelanggan golongan 900 VA mencapai 7.290.720 orang.

Bisa juga dengan mengakses www.pln.co.id kemudian menuju ke menu pelanggan dan langsung memilih stimulus Covid-19. Selanjutnya memasukkan ID pleanggan atau nomor meter. Token gratis pun akan mendapat token di layar. Tinggal masukkan token tersebut ke meteran listrik yang sesuai dengan ID pelanggan.

Menurut perkembangan terakhir pada Kamis (2/4), kasus infeksi virus corona di Indonesia mencapai 1790 kasus. 170 meninggal dan 112 telah sembuh.

Berikut Databoks pasien Covid-19 di Indonesia:

 

 

 Reporter: Nobertus Mario Baskoro

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan