Susul Honda, Suzuki Tutup Sementara 3 Pabrik di Jakarta dan Cikarang

Image title
3 April 2020, 15:19
Menyusul Honda, Suzuki Tutup Sementara 3 Pabriknya di RI Akibat Corona.
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Suzuki di ajang GIIAS. Suzuki akan menghentikan sementara produksi di 3 pabriknya di Indonesia karena corona.

Wabah virus corona kembali berdampak terhadap industri otomotif. PT Suzuki Indomobil Motor menghentikan seluruh kegaitan produksi kendaraan di Indonesia selama dua pekan seiring  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona.

Penghentian produksi Suzuki dilakukan di tiga lokasi pabrik perseroan yakni di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Penutupan pabrik akan dilakukan mulai 13 April hingga 24 April 2020.

(Baca: Akibat Wabah Corona, Honda Setop Sementara Produksi Pabrik di Karawang)

President Director PT Suzuki Indomobil Motor, Seiji Itayama mengatakan perusahaan berupaya aktif mencegah ancaman penularan virus Covid-19 terhadap para karyawan. Dengan penghentian pabrik, cara tersebut dinilai efektif melindungi seseorang dari terinfeksi virus corona. 

“Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” kata dia melalui siaran pers yang diterima katadata.co.id, Jumat (3/4).

Kendati kegaiatan produksi diliburkan sementara selama dua pekan, perusahaan tetap akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan.  Sementara tidak bekerja, diberikan upah sesuai ketentuan yang berlaku.

Kendati aktivitas pabrik diliburkan, operasional penjualan suku cadang masih tetap dibuka untuk melayani masyarakat.

Untuk mengurangi intensitas kontak fisik maupun interaksi sosial, Suzuki menerapkan layanan Home Service melalui nomor 0800-1100-800. Sedangkan layanan  Suzuki Emergency Roadside Assistance SERA tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan dealer tetap buka seperti biasa. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...