Susul Honda, Suzuki Tutup Sementara 3 Pabrik di Jakarta dan Cikarang

Penulis: Tri Kurnia Yunianto

Editor: Ekarina

3/4/2020, 15.19 WIB

Penghentian produksi Suzuki dilakukan di tiga lokasi pabrik perseroan yakni di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Menyusul Honda, Suzuki Tutup Sementara 3 Pabriknya di RI Akibat Corona.
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Suzuki di ajang GIIAS. Suzuki akan menghentikan sementara produksi di 3 pabriknya di Indonesia karena corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Wabah virus corona kembali berdampak terhadap industri otomotif. PT Suzuki Indomobil Motor menghentikan seluruh kegaitan produksi kendaraan di Indonesia selama dua pekan seiring  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona.

Penghentian produksi Suzuki dilakukan di tiga lokasi pabrik perseroan yakni di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Penutupan pabrik akan dilakukan mulai 13 April hingga 24 April 2020.

(Baca: Akibat Wabah Corona, Honda Setop Sementara Produksi Pabrik di Karawang)

President Director PT Suzuki Indomobil Motor, Seiji Itayama mengatakan perusahaan berupaya aktif mencegah ancaman penularan virus Covid-19 terhadap para karyawan. Dengan penghentian pabrik, cara tersebut dinilai efektif melindungi seseorang dari terinfeksi virus corona. 

“Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” kata dia melalui siaran pers yang diterima katadata.co.id, Jumat (3/4).

Kendati kegaiatan produksi diliburkan sementara selama dua pekan, perusahaan tetap akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan.  Sementara tidak bekerja, diberikan upah sesuai ketentuan yang berlaku.

Kendati aktivitas pabrik diliburkan, operasional penjualan suku cadang masih tetap dibuka untuk melayani masyarakat.

Untuk mengurangi intensitas kontak fisik maupun interaksi sosial, Suzuki menerapkan layanan Home Service melalui nomor 0800-1100-800. Sedangkan layanan  Suzuki Emergency Roadside Assistance SERA tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan dealer tetap buka seperti biasa. 

“Saya pastikan layanan after sales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” kata dia.

(Baca: Imbas Corona, Hyundai Tunda Pembangunan Pabrik di Bekasi )

Sebelumnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menghentikan sementara produknya seiring merebaknya wabah Covid-19 dan lesunya penjualan. Direktur Pemasaran HPM, Yusak Billy mengatakan penghentian produksi pabrik Honda akan berlangsung selama dua pekan.

"Berdasarkan kondisi dan pertimbangan terkini, kami memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi dan akan mulai berproduksi kembali pada 13 April 2020," kata Billy kepada katadata.co.id melalui telepon Kamis (2/4).

Honda saat ini memiliki dua pabrik perakitan di Karawang, Jawa Barat berkapasitas 200 ribu unit mobil per tahun. Tercatat, ada beberapa model yang diproduksi perusahaan, seperti Honda Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V. 

Menurutnya, wabah virus corona menyebabkan penjualan Honda turun sekitar 30% pada Maret 2020 dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Sepanjang Maret tahun lalu, penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Honda tercatat sekitar 15.179 unit. Dengan adanya penurunan ini, maka penjualan Honda periode Maret 2020 diperkirakan hanya sekitar 10 ribu unit.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan