Dunia Berebut Bahan Baku APD Corona, BKPM: Produsen Jangan Dipersulit

Agustiyanti
6 April 2020, 07:11
industri APD, alat pelindung diri, APD, produsen APD, bahan baku APD, BKPM, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Ilustrasi. Pemerintah memastikan tak segan-segan menindak pihak-pihak yang dapat semakin mempersulit industri pembuatan APD.

Industri alat pelindung diri tengah menghadapi kesulitan memperoleh bahan baku lantaran terjadi persaingan antara negara berbagai belahan dunia di tengah pandemi corona. Pemerintah pun memastikan tak segan-segan menindak pihak-pihak yang dapat semakin mempersulit industri pembuatan APD.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahdila menjelaskan, berbagai negara saat ini berebut bahan baku APD, terutama dari Korea Selatan dan Tiongkok. Persaingan pengusaha dalam memperoleh bahan baku sangat tinggi.

Advertisement

"Jadi yang sengaja mempersulit produsen APD akan kita sikat. Mereka produksi saja sudah syukur sebab bahan baku yang berkualitas sangat langka," ujar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam siaran pers dikutip Senin (6/4).

(Baca: Gelombang Virus Corona di Antara Minimnya Fasilitas dan Tenaga Medis)

Ia mengatakan, pemerintah akan memprioritaskan kebutuhan domestik dalam distribusi APD, yang akan disalurkan kepada rumah sakit-rumah sakit di seluruh tanah air. "Prioritas kita di dalam negeri," kata Bahlil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement