Profil Ahmad Riza Patria, Politikus Gerindra yang Jadi Wagub DKI

Sorta Tobing
6 April 2020, 15:32
ahmad riza patria, ahmad riza patria wagub dki, gerindra
www.ahmadrizapatria.com
Ahmad Riza Patria, politikus Gerindra yang terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

Elit Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ahmad Riza Patria terpilih untuk menduduki kursi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Ia memenangkan suara mayoritas dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (6/4).

Riza diumumkan sebagai salah satu calon wagub pada 20 Januari lalu. Kala itu, partainya juga mengusung kandidat lain, yaitu Arnes Lukman, Saefullah, dan Ferry J. Yuliantoro.

Dalam memperebutkan kursi Wagub DKI Jakarta, Gerindra bersaing dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai berlambang Ka’bah ini menyalonkan Nurmansjah Lubis, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Jabatan wakil gubernur ibu kota kosong hampir dua tahun setelah ditinggalkan Sandiaga Salahudin Uno. Sandi memilih lengser sebagai wagub agar dapat yang maju sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

(Baca: Riza Patria Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta Pengganti Sandiaga Uno)

Profil Ahmad Riza Patria

Ahmad Riza Patria berasal dari Banjarmasin, lahir pada 17 Desember 1969. Mengutip dari Wiki DPR, ia berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat III, yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Menurut situs pribadinya, ahmadrizapatria.com, Riza menjadi anggota legislatif sejak 2014. Ia pertama kali menduduki kursi Wakil Ketua Komisi II DPR. Lalu, ia sempat pindah ke Komisi V DPR.

Selain di DPR, Riza juga menduduki posisi strategis di MPR. Pada periode 2014-2019, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Gerindra di MPR. Jabatan tersebut kemudian naik menjadi Ketua pada periode 2019-2024.

(Baca: Soal Cawagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno: Jangan ‘Baper’)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...