Anak Krakatau Erupsi 38 Menit Tadi Malam, Kolom Abu Setinggi 500 Meter

Happy Fajrian
11 April 2020, 09:01
erupsi gunung anak krakatau, pvmbg, bnpb
ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
Foto udara letusan gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, pada akhir Desember 2019 lalu.

Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung, pada Jumat (10/4) malam pukul 22:35 WIB. Tinggi kolom  abu teramati mencapai  sekitar  500 meter di atas puncak atau  657 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulanggan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menjelaskan bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke arah utara.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi lebih kurang 38 menit 4 detik,” kata Agus melalui rilis yang diterima Katadata.co.id, Sabtu (11/4). Dari pantauan PVMBG terlihat bahwa letusan terus berlangsung sampai Sabtu pagi (11/4) pada pukul 05.44 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung selatan melaporkan kondisi mutakhir di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, pada  Sabtu Pkl. 04.00 WIB  tidak terpantau adanya bau belerang dan debu vulkanik, dan mulai turun hujan.

(Baca: Ancaman Erupsi Gunung Api di Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...