Imbas PSBB & Penyesuaian Jam Operasional, Penumpang KRL Padati Stasiun

Image title
Oleh Ekarina
13 April 2020, 10:16
Imbas PSBB & Penyesuaian Jam Operasional, Penumpang KRL Padati Stasiun.
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/4/2020). Banyak penumpang mengeluh soal antrean panjang Senin pagi akibat perubahan jam operasional KRL.

Penumpukkan penumpang kembali terjadi Senin (13/4) pagi di beberapa stasiun. Hal itu dikeluhkan sejumlah pengguna layanan kereta rel listrik (KRL) commuterline di media sosial usai pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan penyesuaian jam operasional kereta per 10 April 2020.

Dalam lini massa twitter, banyak pengguna mengeluhkan kondisi stasiun dan dalam kereta penuh sesak. Hal ini jauh berbeda dengan imbauan pemerintah maupun PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terkait physical distancing untuk mencegah penularan wabah virus corona.

Dalam cuitan akun @mimadk, tampak video antrian penumpang di stasiun Bogor. Tampak pengguna berbaris antre di pintu masuk hingga di sisi lintasan peron kereta pagi tadi.

(Baca: PSBB Berlaku, Ini Jadwal Baru Kereta Keluar dan Masuk Jakarta)

Sementara itu, dalam video lain yang diposting @divivoyy juga memperlihatkan bagaimana kondisi di dalam gerbong kereta masih penuh sesak saat jam kerja.

Warganet lain, @timotius_samuel151 juga menyarankan, operasional krl agar dikembalikan seperti semula. Kebijakan jam operasional KRL saat PSBB di hari kerja justru berdampak ke penumpukan penumpang.

"Hanya masukan, seperti nya kebijakan jam operasional KRL saat PSBB di hari kerja justru berdampak ke penumpukan penumpang, seruan physical distancing malah jadi tak terlaksana kalau seperti ini. Mungkin bisa dikembalikan ke jam 04.00-20.00 WIB," ujarnya.

Merespons keluhan warganet dan pengguna moda transportasi massa tersebut, pihak commuterline pun menyatakan, keluhan penumpang akan menjadi bahan evaluasi. Perseroan telah mengantisipasi penumpukan penumpang dengan penambahan armada.

Manager External Relations PT KCI Adli Hakim mengatakan, pihaknya telah  memenuhi  aturan terkait PSBB serta mengambil langkah untuk dapat memberikan layanan yang sesuai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...