Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Turun Jadi Rp 948 Ribu/Gram

Desy Setyowati
14 April 2020, 08:25
Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Turun Jadi Rp 948 Ribu/Gram
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Ilustrasi, petugas menunjukkan emas batangan, di galeri 24 penjualan Logam Mulia, di Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/2/2020).

Harga emas  PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini turun Rp 4.000 menjadi Rp 948 ribu per gram. Hal ini berbeda dengan harga logam mulia dunia yang cenderung meningkat pada pagi, hari ini (14/4).

Kekhawatiran pasar terhadap pandemi corona membuat harga emas terus meningkat. “Harga emas bertahan pada level tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun, US$ 1.718,46 per ons,” demikian dikutip dari Reuters, Selasa (14/4).

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot naik 0,08% menjadi US$ 1.716 per ons per Pukul 8.25 WIB. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex meningkat 0,42% menjadi US$ 1.768 per ons.

(Baca: Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Naik Jadi Rp 952 Ribu/Gram)

Kepala Riset Komoditas di Geojit Financial Services Hareesh V mengatakan, investor semakin berminat terhadap investasi yang aman (safe haven) karena khawatir akan penyebaran wabah virus corona. “Hal ini mendukung harga logam mulia,” kata dia dikutip dari The Economic Times.

Namun, “dolar yang kuat dapat membatasi kenaikan (harga emas) secara signifikan,” kata Hareesh. (Baca: Harga Emas Dunia Stabil, Logam Mulia Antam Turun Rp 8.000 per Gram)

Secara global, HDFC Securities mencatat harga emas sedikit berubah tetapi bertahan pada kisaran level tertinggi dalam sebulan. Ada dua penopangnya yakni kekhawatiran pasar terhadap prospek ekonomi akibat wabah Covid-19 dan stimulus bank sentral Amerika Serikat 9AS), The Fed.

Pasar diperkirakan akan tetap beralih ke portofolio investasi yang dinilai aman. "Emas kemungkinan mendapat untung dari melimpahnya uang bank sentral dan utang baru,” kata analis dikutip dari CNBC Internasional.

(Baca: Harga Emas Dunia Menanjak, Logam Mulia Antam Turun Rp 3.000 per Gram)

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam turun Rp 4.000 menjadi Rp 948 ribu per gram. Sedangkan harga penjualan kembali (buyback) turun Rp 4.000 menjadi Rp 844 ribu per gram.

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Selasa (14/4) sebagai berikut:

Emas batangan 0,5 gram Rp 498.500

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...