Jokowi Waspadai Dampak Corona terhadap Ekonomi Berlanjut Tahun Depan

Dimas Jarot Bayu
14 April 2020, 13:41
dampak corona, jokowi, pandemi corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek infrastuktur di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat tahun ini dan diperkirakan berlanjut hingga 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewaspadai dampak lanjutan virus corona Covid-19 terhadap perekonomian pada 2021. Pandemi corona memukul perekonomian Indonesia dan membuat target pembangunan Indonesia tahun ini tak tercapai.

Bank Dunia dan IMF pun memprediksi pandemi tersebut akan membuat resesi ekonomi global. "Kita harus tetap waspada akan dampak lanjutan Covid-19 pada ekonomi di 2021," kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4).

(Baca: Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi akan Turun Cukup Tajam akibat Corona)

Atas dasar itu, Jokowi meminta tim kabinetnya menghitung secara cermat potensi, peluang, dan berbagai risiko yang ada, baik domestik maupun global. Dia juga mengingatkan agar pemerintah fokus menjalankan reformasi struktural.

Menurut Jokowi, reformasi struktural merupakan misi besar pemerintah saat ini. "Reformasi untuk percepatan dan pemerataan pembangunan, baik itu reformasi regulasi, reformasi birokrasi, reformasi dalam peningkatan produktivitas dan transformasi ekonomi. Itu misi besar kita," kata Jokowi.

Pemerintah dalam APBN 2020 mematok target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3%. Adapun, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 berada di posisi 5,02%.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...