Kementan Gandeng Grab & E-Commerce untuk Distribusi Produk Ternak

Rizky Alika
14 April 2020, 15:36
Kementan Gandeng Grab & E-Commerce untuk Distribusi Produk Ternak.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Peternak memanen telur ayam di peternakan kawasan Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/2/2020). Kementan menggandeng Grab dan sejumlah e-commerce untuk mendistribusikan produk peternakan ke tangan konsumen.

Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia dan sejumlah start up e-commerce, untuk menyalurkan stok produk peternakan, berupa daging sapi hingga susu. Kerja sama tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan pangan di tengah pandemi virus corona.

Kementan akan memfasilitasi tempat distribusi di lingkungan Kementan untuk komoditas peternakan tersebut. "Ini tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh Kementerian Pertanian saja, sehingga perlu melibatkan semua komponen," kata Syahrul di Kantor Kementerian Pertanian, Selasa (14/4).

Dengan begitu, kerjasama dengan Grab diharapkan dapat memperlancar distribusi produk pangan hasil peternakan seperti daging sapi dan ayam, telur, susu dan olahan lainnya kepada konsumen.

(Baca: Bantu Mitra selama PSBB, Gojek Layani Pesan Antar Sembako dan Pangan)

Selain Grab, Kementerian Pertanian juga menggandeng enam perusahaan lain sebagai mitra pemasok dan penyalur,  seperti PT Charoen Pokphan Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Tri Putra Panganindo, PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory), PT Indoguna Utama dan PT Agro Boga Utama.

Selain itu, kerja sama dilakukan melalui pengembangan pemasaran produk peternakan berbasis online bersama tiga start up  digital market place seperti etanee, Tani Supply Indonesia, dan SayurBox.

Indoguna Utama akan menyediakan informasi pangan meliputi komoditas dagng sapi, ayam, ikan, susu, dan produk olahan lainnya. Sedangkan untuk proses distribusi pangan meliputi komoditas penyediaan daging sapi, ayam, ikan, susu dan produk olahan lainnya dilakukan oleh Grab.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...