Kementan Rancang ATM Beras Gratis untuk Masyarakat Miskin

Rizky Alika
14 April 2020, 10:42
warga miskin, KTP, pandemi corona, mesin atm beras, beras gratis, pembagian sembako, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/aww.
Ilustrasi. Pemerintah akan menyalurkan beras gratis kepada masyarakat miskin dan dhuafa.

Kementerian Pertanian tengah merancang pembagian beras gratis kepada masyarakat miskin dan dhuafa melalui automatic teller machine atau ATM guna membantu masa sulit pandemi corona. Mesin tersebut akan mengeluarkan beras sebanyak 1,5 kilogram untuk sekali transaksi. 

"Gratis untuk kaum miskin dhuafa. Lagi dibuat mesinnya,  orang tinggal pencet," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (14/4).

Advertisement

Beras tersebut, menurut dia, juga dapat diperoleh penduduk yang tak memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP.  Namun, ia belum memerinci detail penyaluran dan anggaran dari program tersebut.

(Baca: Tekan Dampak Corona, Pemerintah Relaksasi Pembayaran KUR Pertanian)

Meski demikian, ia menyebut program ini membutuhkan anggaran hingga ratusan miliar. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan menunda anggaran belanja lain yang tak diperlukan.

Adapun ia memastikan, persediaan beras dalam negeri dalam kondisi surplus sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masayarakat. Pada puncak panen raya yang akan jatuh pada April, produksi beras nasional diprediksi dapat mencapai setara 5,27 juta ton dari luas lahan panen  mencapai 1,73 juta hektare.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement