Pemimpin ASEAN Sebut Covid-19 Krisis Kesehatan Terburuk Abad Ini

Pingit Aria
14 April 2020, 17:37
Petugas kesehatan mendata penumpang yang baru saja tiba di terminal kedatangan Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (14/4/2020). Pemerintah Kota Palu memperketat arus orang masuk yang menggunakan pesawat udara ke kota itu dengan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/hp.
Petugas kesehatan mendata penumpang yang baru saja tiba di terminal kedatangan Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (14/4/2020). Pemerintah Kota Palu memperketat arus orang masuk yang menggunakan pesawat udara ke kota itu dengan memeriksa dan mendata setiap penumpang yang baru tiba untuk mencegah makin masifnya penularan virus corona di wilayah itu. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/hp.

Para pemimpin Asia Tenggara pada Selasa (14/4) sepakat untuk berjuang bersama melawan wabah Covid-19. Dalam konferensi video pertama yang digelar sejak pandemi corona itu, Covid-19 disebut sebagai "krisis kesehatan masyarakat terburuk" dalam 100 tahun.

Jumlah kasus infeksi virus corona di negara-negara ASEAN selama sebulan terakhir telah melonjak dari 840 kasus menjadi lebih dari 20 ribu kasus. Jumlah kematiannya pun naik dari 14 kasus menjadi 866 kasus.

Advertisement

Karena pengujian terbatas di beberapa negara, para profesional medis menduga angka sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi. "COVID-19 adalah krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam satu abad," kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dikutip Reuters.

(Baca: Jokowi Minta Tes Corona Dilakukan Masif dengan Libatkan TNI-Polri)

Menurutnya, sangat penting bagi negara-negara ASEAN untuk meningkatkan respons dan bersatu dalam menghadapi pandemi. "Tidak ada di antara kita di ASEAN yang benar-benar aman kecuali seluruh kawasan ini aman," ujar PM Lee.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement