Permintaan Aplikasi Rapat Online Tinggi, Alibaba Merilis DingTalk

Fahmi Ahmad Burhan
14 April 2020, 13:29
Ilustrasi. logo Alibaba. Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Alibaba, merilis aplikasi rapat online bernama DingTalk.
Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi. logo Alibaba. Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Alibaba, merilis aplikasi rapat online bernama DingTalk.

Permintaan aplikasi rapat online kian meningkat imbas pandemi corona atau Covid-19, Alibaba merilis DingTalk versi sederhana (lite).

Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di apps store dan bisa digunakan pada beberapa sistem operasi seperti iOS, Android, Mac dan Windows.

Advertisement

Dalam siaran pers, Selasa (14/4), Chief Technology Officer (CTO) DingTalk Hugo Zhu mengatakan, alasan Alibaba membuat aplikasi untuk kebutuhan rapat online, karena permintaan yang tinggi. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19, beberapa negara menerapkan lockdown dan pembatasan interaksi sosial (social distancing).

DingTalk memiliki keunggulan berupa jumlah partisipan, karena mampu mengundang 1.000 peserta ke dalam satu grup live broadcast. Siaran tersebut dapat dibagikan ke beberapa grup yang berbeda secara bersamaan dan obrolan grup kemudian dapat diikuti hingga 1.000 anggota.

Untuk konferensi video, jumlah partisipan yang bisa diundang bisa mencapai 302 orang di berbagai wilayah geografis, dilengkapi juga oleh fitur berbagi layar dan file.

"Teknologi dari Alibaba bisa untuk mendukung sebanyak mungkin bisnis dan sekolah agar dapat terus beroperasi," kata dia dalam siaran pers pada Selasa (14/4).

(Baca: Zoom Diragukan Keamanannya, Ini 8 Aplikasi Lain untuk Rapat Virtual)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement