Cegah Corona, Kemenkes Imbau RS Setop Praktik Rutin kecuali Darurat

Ameidyo Daud Nasution
16 April 2020, 20:50
rumah sakit, kementerian kesehatan, virus corona
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Petugas medis di ruang isolasi RS rujukan khusus pasien COVID-19 Martha Friska di Medan, Sumatera Utara, Kamis (2/4/2020). Kemenkes (16/4) meminta RS hentikan praktik umum demi cegah corona tulari tenaga kesehatan.

Kementerian Kesehatan mengimbau seluruh rumah sakit menutup praktik rutin kecuali penanganan darurat. Imbauan ini dikeluarkan guna mencegah penularan virus corona covid-19 di kalangan dokter dan pekerja medis lainnya.

Permintaan tersebut disampaikan dalam surat Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo nomor kop YR.03.03/III/III8/202. Surat ini ditujukan kepada semua Kepala Dinas Kesehatan, direktur utama, direktur, dan kepala rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Perlu dilakukan pencegahan penularan kepada dokter dan tenaga kesehatan di rumah sakit, serta pasien yang berkunjung ke rumah sakit,” demikian keterangan tertulis di laman Kemenkes, Kamis (16/4).

(Baca: Erick Thohir Dorong Tiga BUMN Produksi Ventilator untuk Pasien Corona)

Kemenkes juga meminta Dinkes dan RS memberikan kesempatan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun atau punya penyakit penyerta untuk bekerja di rumah. RS juga diminta untuk mengembangkan pelayanan jarak jauh (telemedicine) untuk menjaga pelayanan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...